Pengalaman Pribadi Menumbuhkan Semangat Belajar


Di kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya menumbuhkan semangat belajar. Kepadatan jadwal sebagai mahasiswa tingkat akhir, pasti ada momen jenuh ketika melakukan hal yang setiap hari dilakukan berulang ulang, selama satu semester, yaitu Belajar. Sebagai mahasiswa kita akan terus belajar, sesuai dengan mata kuliah yang kita ambil di awal semester selama 4 tahun, tapi tidak dapat dipungkiri, bahwa kejenuhan itu bisa datang kapan saja, apalagi kita melakukan hal itu berulang selama 4 tahun.

Banyak hal yang saya lakukan untuk meningkatkan semangat belajar ketika merasa jenuh, yaitu saya akan belajar bersama dengan teman diluar kampus atau rumah, dengan suasana yang berbeda, menurut saya itu salah satu jalan keluar untuk meningkatkan semangat belajar. Semangat belajar sangat dibutuhkan untuk menyelasaikan tugas dan menggapai apa yang sudah ditargetkan untuk menjadikan sebuah prestasi, tanpa motivasi semangat belajar, sulit untuk kita menyelesaikan dan menggapainya.

Motivasi belajar sangat amat penting untuk saya, karena dengan motivasi belajar maka kita dapat menggapai apa yang kita impikan, oleh karena itu, kita harus bisa menumbuhkan motivasi belajar untuk diri kita sendiri, dengan cara kita sendiri, karena tidak mungkin cara membangun motivasi belajar yang digunakan oleh A bisa digunakan oleh B juga, karena bentuk motivasi setiap orang berbeda beda.

Dengan begitu saya berusaha semaksimal mungkin untuk mengerti diri saya sendiri untuk bisa membangun motivasi belajar, karena yang tau bagaimana untuk membangun motivasi belajar adalah diri kita sendiri, bukan orang lain, jika motivasi belajar terbangun, keuntungan itupun akan terasa untuk diri kita sendiri, dimana kita dapat menyelesaikan apa yang sudah direcanakan.

Inti dari motivasi untuk membangun semangat belajar adalah kita harus bisa bertanggung jawab dengan apa yang kita rencanakan dan harus bisa berusaha untuk menggapainya, dan juga mempunyai rasa tanggung jawab kepada kedua orang tua untuk menyelesaikan apa yang sudah di berikan kepada kita.

Kesempatan untuk bisa merasakan bangku kuliah seperti ini mungkin hanya datang sekali seumur hidup, seperti yang diketahui setiap tahun biaya kuliah semakin mahal, oleh karena itu kesempatan yang sudah ada ini harus digunakan sebaik mungkin, dengan meningkatkannya semangat belajar agar dapat lulus dengan waktu yang tepat dan hasil yang memuaskan.

Sudah bukan saatnya lagi kita sebagai mahasiswa bermain main seperti siswa SMP ataupun SMA, karena setelah kuliah yang akan dihadapi adalah dunia kerja, dimana kita harus bisa bertahan di dunia kerja, dan memberikan hasil kinerja yang bagus agar dapat berguna untuk perusahaan.

Kesimpulannya adalah, membangun semangat belajar itu sangat amat penting untuk kita sebagai pelajar, tanpa motivasi semangat belajar, sulit untuk kita dapat meraih apa yang kita impikan, semoga dengan pengalaman pribadi yang saya bagikan ini dapat menjadi acuan motivasi semangat belajar kita, karena sampai kapanpun kita akan harus tetap belajar.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pribadi Tentang Kerjasama dalam Team

KEBUDAYAAN DAN KESENIAN NEGARA INGGRIS

KEBUDAYAAN NEGARA TURKI